Minggu, 15 Februari 2015

Makanan Yang Baik Saat Diare

Untuk penderita diare, berikut ini ada beberapa makanan yang bagus untuk dikonsumsi pada saat mengalami diare :

1. Pisang
Karakteristik pisang yang lembut dan mudah dicerna sangatlah baik untuk menenangkan sistem pencernaan yang terganggu.
Buah pisang begitu kaya akan pectin, suatu serat soluble yang membantu menyerap cairan di dalam usus dan sehingga membantu menggerakkan stool (isi perut) dengan lebih lancar.
Pisang juga mengandung inulin, serat soluble lain. Inulin itu adalah suatu prebiotic, suatu zat yang membantu perkembangan dari bakteri baik (probiotics) di dalam sistem usus.

2. Nasi Putih dan Kentang yang di Tumbuk
Kedua makanan ini memiliki serat yang rendah sehingga mudah dicerna.

3. Saus Apel
Sama seperti pisang, apel juga merupakan sumber yang bagus untuk pectin. Tapi, kandungan serat yang tinggi di dalam apel membuatnya terlalu kasar untuk sebuah sistem usus yang sedang lemah.
Dengan memasak apel membuatnya menjadi lebih mudah untuk dicerna oleh sitem anda, sehingga membuat anda bisa mendapatkan manfaat dari pectin, gula, dan gizi-gizi lain yang terdapat di dalamnya.

4. Roti Panggang Putih dan Biskuit
Pada saat usus anda berada dalam keadaan normal, memakan produk-produk whole grain itu penting. Tapi saat anda sedang diare akut, lebih baik beralih ke produk-produk gandum olahan.
Pembuangan kulit luar dari grain di dalam makanan-makanan ini menyebabkannya jadi lebih mudah untuk dicerna. Sebagai suatu bonus tambahan, garam (sodium) di dalam biskuit akan bermanfaat dalam hal mengembalikan keseimbangan electrolyte.

5. Yogurt
Carilah yogurt yang mengandung kultur-kultur hidup atau aktif, atau lebih spesifiknya lagi Lactobacillus acidophilus dan Bifidobacterium bifidum. Kultur-kultur aktif ini adalah probiotics dan mereka tampak membantu untuk menjaga keseimbangan bakteri di dalam saluran pencernaan.

6. Ayam Rebus
Daging ayam rebus merupakan sumber protein yang sangat mudah untuk dicerna karena kelembutannya, sehingga menyediakan suatu cara yang cukup aman untuk memberikan beberapa gizi ke dalam tubuh anda.
Mentega dan oil itu sangat keras pada suatu sistem yang lemah, jadi hindari ayam goreng atau tumis olahan.

7. Blueberries
Menurut laporan, blueberries kering memiliki suatu sejarah yang panjang mengenai pemanfaatannya di Swedia sebagai suatu pengobatan untuk diare.
Dr. Varro Tyler dalam bukunya Herbs of Choice, merekomendasikan anda untuk mengunyah blueberries kering atau membuatnya menjadi teh dengan cara merebus blueberries kering yang ditumbuk selama sekitar 10 menit.
Bantuan bermanfaat yang diberikan blueberries untuk diare itu tampaknya karena fakta bahwa buah ini mengandung tannins, yang bertindak sebagai suatu astringent, mengontraksi jaringan dan mengurangi peradangan serta mengeluarkan cairan dan lendir.
Blueberries juga mengandung zat yang disebut anthocyanosides, yang memiliki sifat-sifat antibakterial, juga menjadi suatu sumber yang bagus untuk antioxidant. Yang terakhir, blueberries itu adalah sumber lain untuk serat soluble pectin.

Semoga anjuran makanan diatas bisa bermanfaat bagi anda yang sedang mengalami diare, dan juga bisa menambah wawasan bagi anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar